Pengertian Beberapa Teknologi Pendukung dalam Integrasi Migrasi Sistem

WEB SERVER :

Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokolkomunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti browser web

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

API :

API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari program itu.

Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.

Sebuah API adalah antarmuka software-to-software, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda, situs web tiket film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama-sama menggunakan API.

Data warehouse :

Adalah suatu tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang besar, dimana data tersebut merupakan data penting. Didalamnya kita dapat melakukan query-query untuk membantu pengambilan keputusan. Data yang ada didalam datawarehaouse ini nantinya akan diolah menjadi informasi yang bermanfaat.

Database :

Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.

Over the Top :

Adalah suatu teknologi informasi produk dimana produk didalamnya ada suatu produk lain tanpa mengikut sertakan produk yang didalamnya. Dimana membutuhkan layanan internet untuk mengaksesnya yang disediakan oleh povider internet.

OOT dalam arti lain adalah “menumpang jasa” suatu produk, namun tidak mengikut sertakan nama produk yang ditumpanginya.

Contohnya FB dengan fasilitas game dan chatnya Messenger.

Data minning :

Adalah serangkaian proses pencocokan data, pengambilan data, dari data unik yang terdapat pada sekumpulan data dalam jumlah besar. Pencocokan data itu dilakukan salah satunya dengan cara pengambilan pola-pola unik. Sehingga data yang diproses bisa jadi data yang kita sudah ketahui, atau bisa jadi data yang belum kita ketahui sebelumnya.

Open Data :

Open data adalah data yang secara bebas dapat digunakan, digunakan-ulang (reusable) dan didistribusikan kembali (redistributed), oleh siapa saja. Data harus tersedia secara keseluruhan, lebih disarankan dapat diunduh dari internet, dan harus tersedia dalam bentuk yang nyaman dan dapat dimodifikasi, serta dapat digabung dengan data lainnya. Kemudahan akses juga menjadi unsur penting untuk open data.

Situs itu salah satu contoh implementasinya adalah situs pemilu 2014 KawalPemilu.org yang sempat menjadi perhatian ketika masa pemilu presiden 2014 yang lalu.

memanfaatkan data formulir perhitungan suara dari tingkat kelurahan sampai nasional yang dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keterbukaan semacam ini memungkinkan untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilihan umum di Indonesia, masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam mengawal hasil perhitungan suara.

Keterbukaan data yang dilakukan KPU merupakan salah satu contoh nyata dalam inisiatif open data yang sedang digalakkan di berbagai negara di seluruh dunia. Inisiatif ini mendorong organisasi, perusahaan, dan terutama pemerintah untuk menyajikan data yang dapat diakses dengan gratis oleh siapa saja yang membutuhkan.

Cloud :

Cloud Computing adalah merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yangmempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Untuk lebih lanjut silahkan baca postingan saya sebelumnya. KLIK 

Socket/socket programming :

Pengertian socket adalah interface pada jaringan yang menjadi titik komunikasi antarmesin pada Internet Protocol, dan tentunya tanpa komunikasi ini, tidak akan ada pertukaran data dan informasi jaringan.

Socket terdiri dari elemen-elemen utama sebagai berikut:

  1. Protokol.
  2. Local IP.
  3. Local Port.
  4. Remote IP.
  5. Remote Port.

Pemrograman socket adalah cara untuk menggunakan komponen/API (Application Programming Interface) socket untuk membuat sebuah aplikasi.

Aplikasi socket umumnya terdiri dari dua kategori berdasarkan pengiriman datanya, yaitu:

  1. Datagram socket (menggunakan UDP).
  2. Stream socket (menggunakan TCP).

Terdapat perlakuan yang berbeda antara UDP dan TCP, walaupun sama-sama berfungsi sebagai protokol pertukaran data.

UDP tidak memerlukan proses koneksi terlebih dahulu untuk dapat mengirimkan data, paket-paket data yang dikirimkan UDP bisa jadi melalui rute yang berbeda-beda, sehingga hasil yang diterima bisa jadi tidak berurutan.

Jenis TCP mengharuskan terjadinya koneksi terlebih dahulu, kemudian mengirimkan paket-paket data secara berurutan, penerima juga dijamin akan menerima data dengan urutan yang benar, dimulai dari data pertama yang dikirimkan hingga data terakhir. TCP dapat menangani data yang hilang, rusak, terpecah, ataupun terduplikasi.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

http://www.jejaring.web.id/mudahnya-memahami-application-programming-interface-api/

https://kuncirhmp.wordpress.com/tag/pengertian-data-warehouse/

http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.html

http://www.slideshare.net/PutuShinoda

https://ilmusdm.wordpress.com/2014/03/03/over-the-top-content-ott-services-jasa-yang-membunuh-operator/

http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-data-mining-apa-itu-data-mining.html

http://garethdata.blogspot.com/2010/03/pengertian-data-mining.html

http://www.infokomputer.com/2015/01/fitur/mengenal-lebih-dekat-open-data/

http://edwincool07.blogspot.com/2012/03/pemrograman-socket.html

http://akfive.blogspot.com/2013/04/apa-itu-socket-dan-apa-fungsinya-dalam.html

Iklan

Satu tanggapan untuk “Pengertian Beberapa Teknologi Pendukung dalam Integrasi Migrasi Sistem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s