KETERKAITAN BEBERAPA TEKNOLOGI PENDUKUNG DALAM INTEGRASI MIGRASI SISTEM

Sebelumnya telah ada Postingan mengenai beberapa teknologi pendukung dalam integrasi migrasi sistem. sekarang kita akan membahas tentang kaitan

mereka satu dengan yang lainnya menurut pemahaman saya.

jadi untuk membuat suatu web, tentunya kita memerlukan web server sebagai layanannya. API dalam web yang sudah jadi, kita ambil contoh misal suatu web toko belanja, dimana didalam website tersebut pasti memiliki hubungan dengan aplikasi lain dalam hal pembayaran sebagai contohnya. itu semua tidak terjadi jika dia tidak mempunyai web server sebagai layanannya. kalo tidak punya web server otomatis tidak bisa buat web kan?

kalau kita tidak mempunyai sebuah perangkat keras untuk membuat sebuah web server, kita dapat mendapatkannya dengan menggunakan layanan tersebut di internet. namanya layanan Cloud, sehingga untuk membuat sebuah web dengan semua fitur canggihnya, kita tidak perlu membeli perangkat kerasnya. sehingga pengeluaran berkurang, dan fungsinya pun sama.

biasanya di dalam website yang berisi API itu tertera juga sebuah perjanjian-perjanjian yang mungkin itu diambil dari aplikasi lain yang diambil oleh API, informasi itu misalnya licence atau perjanjian tertulis. informasi itu harus diketahui user, bahkan diperbolehkan untuk dicetak, sehingga memperkecil kemungkinan user tidak melanggar aturan, itu salah satu cara kerja Open data dimana informasi tersebut dapat digunakan berkali-kali, bersifat bebas dan terbuka.

ambil contoh website facebook.com . di dalam website itu dalam penyimpanan datanya mungkin menggunakan layanan cloud. di dalamnya pula mungkin ada sistem yang menggunakan API yang tentunya sebagai user, kita jarang sekali mengetahui. di website itu dia memberikan kebebasan orang lain untuk memasarkan produknya tanpa membawa nama facebook, contohnya adalah game-game facebook. game disana berdiri sendiri. itu adalah salah satu fungsi OTT(Over the top) dalam penggunaannya di dalam website.

web dalam penyimpanan datanya ditaruh dalam database agar dapat diolah menjadi informasi yang lebih baik, sekaligus juga menghindari duplikasi data. lalu database dalam jumlah besar dinamakan data warehouse dimana disana terdapat banyak sekali data, riwayat dari data yang mengalir atau data dari sumber lain untuk kepentingan analisa dan pembantu pengambilan keputusan.

lalu di dalam data warehouse, dilakukan lah proses data minning untuk mencari data, mensortir banyaknya data agar data yang diinginkan untuk kepentingan tertentu mudah ditemukan. caranya adalah dengan menggunakan pencocokan pola-pola. sehingga ditemukanlah data dalam suatu topik yang ingin dicari. mengapa perlu menggunakan data minning? karena data di dalam data warehouse itu adalah data yang bertumbuh dengan sendirinya, entah pertumbuhan dari dalam maupun luar.

tapi semua itu tidak berguna tanpa adanya aliran internet. Socket/socket programing berfungsi untuk membuat suatu koneksi agar terdapat koneksi internet yang masuk.

Pemrograman socket juga cara untuk menggunakan komponen/API (Application Programming Interface) socket untuk membuat sebuah aplikasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s