Penghematan biaya menggunakan Cloud Computing dan FOSS

Pertama kita bahas apa itu Cloud Computing.

Cloud Computing adalah merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yangmempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

contoh cloud ini adalah Facebook. dimana facebook menyimpan semua data diri, video hingga foto di memorinya yang juga berbasis internet. sehingga saat kita menyimpan file dan foto disana, kita tidak perlu menyediakan perangkat keras sendri untuk menyimpannya disana.

Cloud computing memiliki 4 model development:

  • Public cloud

Public cloud adalah layanan cloud computing yang disediakan untuk masyarakat umum yang disediakan oleh sebuah organisasi yang menyediakan cloud servis. Sebagai user kita hanya perlu mendaftar dan membayar pay per use (ada yang gratis juga) untuk menikmati layanannya.

  • Private cloud

Private cloud adalah layanan cloud computing yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari sebuah organisasi/perusahaan. Misalnya dalam sebuah perusahaan bagian ITnya sebagai Service Provider dan komputer-komputer lainnya di satu perusahaan tersebut sebagai clientnya, tipe cloud ini biasanya memakai jaringan internet lokal (intranet).

Contoh dalam PaaS    : sistem OS dan database internal

Contoh dalam SaaS    : Sharepoint, Exchanger, dan SQL server untuk keperluan internal.

Contoh dalam IaaS     : virtual machine yang bisa diminta sesuai dengan kebutuhan internal.

  • Hybrid cloud

Hybrid cloud adalah gabungan dari layanan public cloud dan private cloud yang tiap cloudnya tetap mempertahankan identitas unik mereka, tetapi berkombinasi menjadi satu unit.

  • Community cloud

Community cloud adalah gabungan organisasi yang membangun cloud yang mempunyai concern yang sama. Model ini sangat cocok untuk sebuah institusi yang terdiri dari banyak departemen seperti pemerintahan dsb.

Cloud Computing memiliki 3 jenis layanan. yaitu

Software as a Service (SaaS)

Platform as a Service (PaaS)

Infrastructure as a Service (IaaS)

Apa itu FOSS?

FOSS merupakan sebuah aplikasi bebas guna (Free Open Source Software ) dimana didalam FOSS itu sendiri kita mendapatkan lisensi bebas, pengguna berhak menggunakan, menyalin, mempelajari, mengubah, dan memperbaiki desain melalui kode sumber yang dibuka.

Keuntungan utama bagi negara ataupun perusahaan dalam mengadopsi sistem FOSS adalah mengurangi biaya yang sangat besar dari lisensi piranti lunak berbayar. Selain itu jika semisal FOSS lebih banyak digunakan di suatu negara, itu juga akan mendapatkan dampak positif, yaitu para pengembanganya juga mendapatkan ilmu pengetahuan, sehingga akan ada banyak produksi aplikasi lokal. dampaknya, negara tersebut akan jarang mengeluarkan dana untuk membeli perangkat lunak dari luar dimana biaya lisensinya mahal, karena sudah terdapat banyak aplikasi lokal.

 

Setelah mengetahui FOSS dan Cloud Computing, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dengan kedua layanan itu, kita bisa menekan pengeluaran suatu perusahaan atau negara.

Sebagai contoh suatu perusahaan ingin melakukan integrasi dan migrasi sistem. namun perusahaan itu juga ingin sebisa mungkin menekan pengeluarannya tanpa mengurangi produktifitas.

Dalam hal ini, perusahaan dapat menggunakan Cloud Computing, perusahaan tidak perlu membeli sebuah server dan membayar beberapa pegawai untuk melakukan perawatan pada server. Cukup membayar pada sebuah penyedia layanan, maka perusahaan tersebut akan mendapat hak akses khusus. dengan mengambil jalan demikian, perusahaan dapat menekan pengeluaran dalam hal membeli sebuah hardware dan software khusus pendukung server, dan juga menekan biaya penggajian karyawan. dalam kasus ini perusahaan ini mengambil model private cloud. untuk menekan biaya, bisa juga memakai FOSS yang sudah dikembangkan dan juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

sumber :
Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Cloud Computing http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html diakses tanggal 9 Maret 2015

7 Alasan Mengapa Indonesia harus Mengadopsi Free/Open Source Software (FOSS) http://fxekobudi.net/opini/7-alasan-mengapa-indonesia-harus-mengadopsi-free-open-source-software-foss/ diakses tanggal 9 Maret 2015

FOSS .http://www.jgos.or.id/faq/foss/ diakses tanggal 9 Maret 2015

Cloud Computing .http://jayliverpudian.blogspot.com/2011/05/cloud-computing.html diakses tanggal 9 Maret 2015

Cloud Computing Development Model. http://www.purwadhikapress.com/cloud-computing-deployment-model.html diakses tanggal 9 Maret 2015

3 jenis layanan pada Cloud Computing. https://mrizalfikri.wordpress.com/2011/11/18/3-jenis-layanan-pada-cloud-computing/ diakses tanggal 9 Maret 2015

Iklan

Satu tanggapan untuk “Penghematan biaya menggunakan Cloud Computing dan FOSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s